Pantangan Makanan Ibu Hamil

by 11.23 0 komentar
Ibu Hamil memiliki keadaan tubuh yang berbeda dengan ibu yang tidak hamil Faktor perubahan biologis ini saja harus disambut dengan pola makan berbeda dari sebelumnya. Belum lagi janin dalam tubuh ibu yang dalam masa perkembangan. 

Ibu hami harus pandai memilih makanan yang baik untuk dirinya dan janin dalam kandungannya. Ini disebut diet hamil. Disebut pantangan makanan ibu hamil memang terlalu menyeramkan, Sebut saja ini makanan yang perlu dikurangi saat hamil. Dan ketahui pula makanan sehat untuk ibu hamil.

Ada banyak sekali pantangan makanan untuk ibu hamil yang harus anda perhatikan karena ini menyangkut kesehatan kehamilan anda. tentu saja hal ini memang  rumit dan sedikit menyita waktu anda dalam memilih makanan namun mengingat kesehatan kehamilan anda yang semakin membesar tentu hal ini mutlak menjadi pilihan. sebagian banyak mereka ibu hamil tidak menyadari atau tidak terlalu paham tentang makanan yang dimakanya bagaimana gizinya atau kandungan berbahaya apa saja yang terkandung di dalamnya karena tentu sulit untuk memilah-milahnya.


pantangan makanan ibu hamil
Makanan yang penuh nutrisi dan gizi, yang kaya dengan aneka vitamin tentu sudah menjadi hal wajib bagi ibu hamil terlebih asam folat yang sangat penting perananya untuk mengurangi resiko bayi terlahir memiliki cacat sistem saraf. sebagian besar ibu hamil pernah mengalami berbagai masalah ketika sedang mengandung seperti diare, keputihan dan lainya. namun, selama masih dalam tahap wajar atau ringan masih bisa ditoleransi dan sebagian besar penyakit pada ibu hamil dan janin disebabkan oleh makanan yang salah oleh sebab itu saya akan membagikan makanan pantangan bagi ibu hamil seperti berikut ini:

  • Ibu Hamil hendaknya menghindari alkhohol
Tentu saja anda sudah tahu tentang bahaya alkohol kan? Terlebih saat hamil ini adalah larangan keras untuk anda mencoba mendekati barang yang satu ini, karena dampaknya yang sangat besar seperti bisa mengakibatkan keguguran atau prematur pada janin.

  • Jangan Mengonsumsi Telur Mentah atau Telur Setengah Matang
Telur memang baik bagi ibu hamil karena mengandung folat yang cukup tinggi namun anda harus memastikan bahwa telur tersebut benar-benar matang. kenapa hal ini dilarang? sebab hal ini untuk menghindari tertularnya bakteri salmonela yang dibawa oleh telur tersebut jika dalam proses pemasakanya tidak sampai matang.

  • Hindari Ikan yang mengandung merkuri tinggi
Perlu kita tahu merkuri dapat menganggu bahkan yang paling parah merusak saraf pada janin ketika dalam kandungan tetapi anda tenang saja karena ikan yang mengandung merkuri jenisnya lebih sedikit. contohnya ikan hiu, marlin, dan todak.

  • Jauhi Es Krim
Siapa yang tidak suka es krim? Saya yakin hampir sebagian orang menyukai makanan yang satu ini dikarenakan rasanya yang nikmat dan memberi keunikan tersendiri ketika mengkonsumsinya. Namun, bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan sebaiknya hindari dulu makanan yang satu ini karena dapat meningkatkan listeria pada ibu hamil tetapi es krim terlarang yang saya maksud yakni yang tidak diolah secara benar dan tidak sesuai dengan kulitas kontrol industri.

  • Hindari Pemanis buatan
Hampir semua pemanis buatan menggunakan bahan pengawet kimia yang kita sendiri tidak tahu dampaknya untuk tubuh. Bagi anda yang sedang hamil disarankan untuk menghindarinya, karena efek sampingnya yang bisa berakibat fatal bagi janin dalam kandungan

  •  Hindari Mengonsumsi Soda
Soda bisa dikaitkan dengan minuman yang sangat tinggi kadar gulanya dan beberapa pakar kesehatan kandungan telah menghimbau untuk menghindari minuman yang mengandung kadar gula tinggi ketika hamil.

  • Kurangi Minum Teh bunga chamomile
Teh herbal bunga chamomile memang dikenal sangat baik untuk kesehatan namun yang jadi masalah yakni jika anda meminumnya terlalu berlebihan. Berlebihan yang saya maksud yakni kebutuhan nutrisi untuk anda saat ini tentu berbeda dengan ketika anda tidak sedang hamil.

  • Jangan Mengonsimsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein Secara Berlebihan
kafein tentu tidak jauh dari yang namanya kopi dan banyak penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi terlalu sering kafein bisa menyebabkan bayi lahir memiliki kekurangan berat badan. Namun anda tenang saja karena sekarang banyak produk kopi rendah kafein tetapi anda juga harus ingat jangan mengkonsumsinya berlebihan.

  • Hati-hati terhadap Daging olahan
Daging olahan seperti sossis, hotdog atau apapun yang diolah di pabrik memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Daging olahan bisa memicu penyakit jantung pada manusia dan meningkatkan resiko kematian. Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan ini agar kehamilan anda senantiasa sehat dan sebaiknya jika ingin ngemil makanlah buah-buahan segar seperti jeruk atau mangga yang dipotong kecil-kecil atau dibuat jus.

  • Pantang Makan Kerang dan Udang
Kerang dan udang ini termasuk makanan seafood lainya karena makanan seperti ini ternyata juga mengandung merkuri yang cukup tinggi. seperti yang sudah disebutkan di nomor 3 bahwa merkuri sangat berbahaya untuk janin.

  • Hindari Makan Buah Nanas Muda
Banyak penelitian yang menyatakan bahwa nanas dapat mengakibatkan keguguran namun yang memiliki pengaruh cukup tinggi yakni nanas yang masih muda.Untuk berjaga-jaga sebaiknya hindari saja makan nanas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Hindari beberapa jenis Keju Lunak 
Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan ini terytama yang terbuat dari susu kambing. Keju lunak diantaranya camembert, brie, juga keju yang memiliki corak biru seperti stilton. karena keju lunak tersebut dikhawatirkan mengandungtoksoplasmosis dan terjangkit listeria yang dapat mengakibatkan keguguran atau janin meninggal.

Dengan mengetahui beberapa makanan pantangan ibu hamil tersebut mudah-mudahan ibu hamil bisa lebih fokus mengonsumsi makanan yang dianjurkan oleh dokter. 

hibirthday

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar